Tuesday, July 14, 2020

Jenis – jenis keyboard berdasarkan port atau konektornya


Keyboard merupakan salah satu perangkat input komputer, yang berfungsi untuk mengetikkan informasi ke dalam komputer, baik itu berupa data (huruf, angka atau pun symbol – symbol), maupun instruksi – instruksi yang harus dikerjakan oleh komputer.

Agar dapat digunakan, keyboard harus terhubung dengan komputer, dimana antara port atau konektor pada keyboard harus sesuai dengan port atau konektor yang ada pada komputer.
Berikut adalah beberapa jenis port yang ada pada keyboard :
1.      Serial
pixabay.com
Keyboard dengan port serial memiliki konektor seperti jarum yang berjumlah 5 untuk menghubungkan keyboard dengan komputer atau disebut dengan juga dengan DIN 5 male. Keyboard dengan port serial digunakan pada komputer AT. Port Serial ukurannya besar dan memiliki kabel yang cukup tebal. Keyboard dengan port serial saat ini sudah jarang digunakan lagi.
2.      PS/2

Keyboard dengan port PS/2 menggunakan perangkat yang bentuknya seperti jarum, dimana jumlahnya ada 6 buah, dimana masing – masing jarum ini memiliki fungsi masing – masing. Keyboard PS/2 biasanya digunakan untuk komputer jenis ATX. Untuk memasang keyboard ini ke komputer, kita harus berhati – hati, jangan sampai salah. Biasanya port keyboard PS/2 berwarna ungu dan harus menancap juga pada port berwarna ungu pada komputer.
3.      USB
pixabay.com
Keyboard dengan port USB merupakan jenis keyboard yang paling umum digunakan, karena pemasangannya pun mudah dan di setiap komputer atau laptop pasti sudah disertai dengan port USB.
4.      Wireless
Seperti dengan namanya, wireless, mouse ini tidak menggunakan kabel sebagai media penghubung dengan komputer. Keyboard ini menggunakan koneksi dalam bentuk infrared, wifi atau pun Bluetooth.
Ketika menggunakan keyboard ini maka kita perlu semacam alat pemancar dan alat penerima. Alat pemancarnya terpasang pada keyboard tersebut, sedangkan untuk alat penerima biasanya harus dipasang pada port USB pada komputer atau laptop. Keyboard jenis ini merupakan salah satu keyboard favorit karena tidak harus diribetkan dengan kabel yang mengganggu.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments