Friday, July 17, 2020

Jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan areanya


Jaringan komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satu diantaranya yaitu berdasarkan cakupan wilayahnya, geografis, serta luas wilayahnya.
Berikut adalah pembagiannya :
1.       Local Area Network (LAN)

LAN merupakan suatu jaringan komputer yang cakupan wilayah meliputi lingkup yang kecil saja, seperti dalam lingkungan gedung sekolah, kampus, ataupun kantor. Dalam jaringan LAN terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, biasanya terdapat satu komputer sebagai server dan yang lain sebagai client. Melalui jaringan ini, pengguna dapat berbagi file, maupun perangkat keras seperti printer.
sumber : commons.wikimedia.org
2.       Metropolitan Area Network (MAN)
Cakupan wilayan MAN lebih besar daripada LAN, biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor – kantor dari suatu perusahaan yang letaknya dekat, biasanya mencakup dalam satu kota, tidak hanya satu lingkup lokasi saja.
sumber : commons.wikimedia.org
3.       Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) merupakan suatu sistem jaringan komputer yang sangat luas, meliputi wilayah suatu negara atau suatu benua. WAN menggunakan perangkat jaringan khusus yang biasa disebut dengan router, media transmisi yang digunakan biasanya berupa kabel bawah laut atau satelit.
4.       Personal Area Network (PAN)
PAN merupakan suatu jenis sistem jaringan yang berjarak sangat dekat, biasanya digunakan dalam skala pribadi dan sangat sering kita gunakan sehari – sehari, seperti menghubungkan komputer atau laptop dengan handphone. Media penghubungnya biasanya berupa USB atau mungkin Bluetooth.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments